Bonsai Dari Koran Bekas

Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal,  dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar, yang sudah tua di alam bebas. Dalam khasanah bahasa Jepang, Bonsai adalah pelafalan bahasa Jepang untuk penzai (盆栽) yaitu seni yang mencakup berbagai teknik pemotongan dan pemangkasan tanaman, pengawatan (pembentukan cabang dan dahan pohon dengan melilitkan kawat atau membengkokkannya dengan ikatan kawat), serta membuat akar menyebar di atas batu, sebagai apresiasi terhadap keindahan bentuk.

Tanaman atau pohon bonsai dibentuk dengan bantuan kawat pada ranting dan tunasnya. Perubahan yang dramatis terjadi terus menerus pada tanaman sesuai keinginan dan  keadaan alam merupakan salah satu daya tarik bonsai.

Akan tetapi, ada cara lain untuk membuat tanaman bonsai secara praktis dan cepat dengan mengikuti kaidah seni, yang sangat mudah dan ramah lingkungan serta berdasarkan konsep seni bonsai yang sesungguhnya.

Bahan baku yang diterapkan bukan lagi memaksakan kehendak dan keinginan naluri manusia terhadap mahluk hidup, seperti tanaman atau pohon sebagai media membuat kreasi bonsai. Melainkan barang bekas seperti koran bekas dengan hasil yang sama indahnya dengan tanaman bonsai asli. Berikut adalah cara membuat bonsai dari kertas koran.

Share with

Tinggalkan Balasan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

Tidak ada produk di keranjang.

× Bisa kami bantu?